Kamis, 06 Januari 2011

46 Tahun Perjalanan Bangsa Indonesia Menuju Bangsa yang Sehat


Momentum penting kembali mencatatkan sejarahnya di bulan November. Tepat 15 November 2010, 46 tahun perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang sehat. 46 tahun berlalu, kesadaran bangsa ini menuju bangsa yang sehat diuji. Seluruh elemen bangsa bahu membahu dalam meningkatkan taraf hidup sehat yang lebih baik. Walaupun masih terdapat kekurangan di beberapa sektor yang terkait dengan pembangunan kesehatan nasional.

Pada momentum 46 tahun ini, pemerintah selaku pemegang mandat UUD 1945 memiliki grand design kebijakan kesehatan yang dirancang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 dan di-breakdown dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014. Dalam grand design ini, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sebagai representasi pemerintah menekankan Pembangunan Kesehatan Nasional pada upaya pemberdayaan kesehatan masyarakat.

Kebijakan inilah yang diharapkan mampu mengakselerasi Pembangunan Kesehatan Nasional. Karena hanya dengan menyandarkan pada peran vital pemerintah sebagai pengayom masyarakat, tidak akan mampu mempercepat pembangunan tersebut. Apalagi kesehatan merupakan kebutuhan vital, sehingga ketika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka ketidakseimbangan hidup menjadi hambatan dalam pencapaian tujuan hidup sehat itu sendiri.

46 tahun yang tidak singkat ini, merupakan momentum yang tepat bagi bangsa Indonesia merefleksikan diri terhadap pencapaian tujuan hidup sehat yang telah dicanangkan. Apakah pencapaian tersebut kini lebih baik dari 46 tahun silam? Apalagi bangsa ini harus berpacu dengan waktu, menyelaraskan diri dengan Millenium Development Goals (MDGs) yang dicanangkan masyarakat internasional. Jika pencapaian Pembangunan Kesehatan Nasional tidak terealisasi, maka bangsa Indonesia akan tertinggal jauh dari pencapaian konsensus internasional tersebut. Hal ini tentunya akan berdampak kepada produktivitas dan prestasi bangsa ini di lingkup internasional.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, saya patut memberikan apresiasi terbaik kepada insan kesehatan di negeri ini, dalam menyehatkan masyarakatnya. Pengabdian yang dilandasi integritas dan ketulusan, diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaiknya. Bukanlah hal yang mustahil jika kualitas pelayanan kesehatan di negeri ini mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Hanya saja, yang menjadi PR besar adalah pemerataan kualitas dan akses kesehatan bagi masyarakat yang belum tersentuh oleh layanan kesehatan. Oleh karena itu, untuk menuntaskan PR tersebut dibutuhkan kesadaran dari segenap elemen bangsa untuk bahu membahu menuju taraf hidup sehat yang lebih baik.

Keluarga Sehat, Investasi Bangsa

Bravo insan kesehatan Indonesia!!!

0 komentar:

Posting Komentar