Rabu, 28 November 2012

5 Pelajaran Berharga Mengelola Banyak Blog

Mengelola banyak blog sebenarnya bukan sebuah hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun juga tidak mudah untuk dikerjakan. Mengelola banyak blok ibarat mengelola dokumen yang menumpuk di meja kerja kita. Ketika dokumen tersebut dirapikan, akan memudahkan ketika mencarinya.

blogger cantik
Begitu pula dengan mengelola banyak blog, ketika kita tidak memiliki aturan sendiri dalam mengelolanya maka kita sendiri yang akan kebingungan. Inilah yang saya alami ketika mengelola banyak blog dengan topik informasi yang berbeda. Lain halnya jika topiknya sama, mungkin sedikit dimudahkan dalam pencarian ide.

Mengelola blog dengan topik berbeda memang tidak disarankan bagi blogger pemula yang baru mengawali debutnya sebagai blogger. Ini dikarenakan konsistensi dalam aktivitas blogging menjadi tuntutan. Ketika blogger pemula tidak konsisten maka bisa dipastikan blognya akan tenggelam seiring waktu.

Nah... berkaca pada pengalaman tersebut, saya ingin berbagi 5 pelajaran berharga dalam mengelola banyak blog :

  1. Perencanaan yang baik. Aktivitas blogging memang terkesan mengalir tanpa perencanaan. Namun hal itu tidak berlaku untuk pengelola banyak blog dengan topik berbeda. Minimal pengelola blog harus memiliki perencanaan yang baik agar blog tetap dapat menyediakan informasi.
  2. Pelaksanaan yang terarah. Fokus merupakan faktor penting, bagaimana seorang pengelola blog dapat mengelola banyak blog sekaligus. Ia dihadapkan pada kontinyuitas informasi, namun tetap harus mempertahankan kualitas informasi yang baik. Kalau sudah begini maka digunakanlah skala prioritas.
  3. Penyediaan informasi yang kontinyu. Informasi yang kontinyu adalah ruhnya blog, ketika blog tidak diperbarui secara rutin maka blog akan kehilangan daya tariknya. Pembaca blog tidak mau tahu apa yang terjadi dengan pengelolaan blog, yang penting ia mendapatkan informasi yang dibutuhkannya pada saat yang tepat.
  4. Pembiasaan disiplin. Kunci konsistensi adalah disiplin. Ketika pengelola blog telah merencanakan agenda blogging dengan rapi, ia harus komitmen untuk menjalankan rencana tersebut dengan disiplin. Dengan disiplin, muncul pola aktivitas yang memudahkan pengelola blog untuk menyediakan informasi.
  5. Pengendalian mutu informasi. Walaupun blog personal boleh dikelola “semau gue”, tidak ada blog yang sukses mendatangkan pengunjung hanya dengan berbekal informasi yang tidak berkualitas, plagiat 100%, out of date dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Inilah pentingnya fungsi pengendalian untuk menjaga mutu informasi. Dengan pengendalian, mutu informasi blog terjaga.

5 pelajaran berharga ini mungkin dialami oleh blogger profesional yang telah lebih dulu sukses. Jika ada pengalaman berharga lainnya, bisa di-share di kolom komentar. follow@blogmasnug untuk mengikuti update blog ini ya... see you

2 komentar:

  1. Ane ada 20 blog kwalahan ngurusnya gan...entah bagaimana supaya tetap bisa tampil di hasil pencarian google.

    BalasHapus
  2. Keren nih infonya, saya sendiri mengelola 15 blog yang sampai saat ini masih dikukan. Banyak cerita dan suka duka namun menyenangkan. Jika berkenan boleh mampir ke http://cepithea.blogspot.com , Salam blogger

    BalasHapus