Jumat, 25 Mei 2018

Bukti Viral Marketing Itu Mudah

Sumber : yellowbulbs.com

Buat anda yang berorientasi pada hal – hal praktis dan sederhana, pemasaran tidak semestinya dilakukan dengan cara yang rumit. Lalu bagaimana dengan viral marketing, apakah metode ini memberikan kemudahan dengan hal – hal praktis dan sederhana?

Jika anda ingin mendapatkan kemudahan, maka yang harus anda lakukan untuk mendapatkannya adalah mencari tahu apa itu kemudahannya. Hal ini berlaku pula untuk anda yang ingin mendapatkan kemudahan viral marketing.

Jadi apa saja kemudahan viral marketing?

Sudah tidak sabar?

Silahkan lanjutkan membaca

Dan jangan lupa!

Pahami dengan seksama agar aktivitas membaca tidak sekedar membaca, dan berakhir tanpa membekas dalam memori anda.

Kemudahan Pertama

Apa yang dibutuhkan agar pesan pemasaran dapat menjangkau target pasar lebih cepat dan lebih luas?

Jawabannya adalah Faktor Kali

Faktor kali sangat berpengaruh dalam penyampaian pesan pemasaran. Dengan faktor kali, penyampaian pesan pemasaran dapat dilakukan dalam waktu relatif cepat dan menjangkau target pasar yang lebih luas.

Faktor kali bisa diperoleh dari orang – orang yang memiliki minat dan antusiasme. Dengan memberikan keinginan dan kebutuhan mereka, maka anda dapat memberdayakan minat dan antusiasme mereka untuk tujuan pemasaran produk bisnis anda.

Bagaimana aplikasi faktor kali untuk anda yang memasarkan produk bisnis melalui media sosial?

Ya sesuai penjelasan diatas, berikan keinginan dan kebutuhan orang – orang yang memiliki minat dan antusiasme. Jika minat dan antusiasme mereka adalah belajar jualan online, maka berikan yang mereka inginkan dan butuhkan.

Bagaimana jika jejaring pertemanan anda tidak dipenuhi dengan orang – orang yang memiliki minat dan antusiasme terhadap topik seputar produk bisnis anda?

Tidak ada jalan lain selain memfilter jejaring pertemanan anda. Solusi ini berlaku fleksibel sesuai kebutuhan. Filter bisa dilakukan dengan menghapus pertemanan akun non aktif, mengajak bergabung dalam grup, atau konversi kontak whatsapp.

Kemudahan Kedua

Apa yang membuat target pasar tertarik dan antusias terhadap sebuah produk?

Jawabannya adalah Tren

Tren penggunaan sebuah produk oleh konsumen bisa dihasilkan dari viral marketing. Dengan viral marketing, konsumen selaku pengguna produk turut terlibat dalam penyampaian pesan pemasaran.

Tren dapat menarik antusiasme pasar yang lebih luas karena berbagai motif. Ada yang tertarik dan antusias karena rasa penasaran, ada yang tidak ingin ketinggalan hal – hal baru, ada yang ingin tampil beda dengan mengikuti tren.

Bagaimana agar topik seputar produk bisnis anda menjadi tren?

Sederhana saja, ceritakan pengalaman yang luar biasa dengan menggunakan produk. Coba renungkan mengapa banyak orang menggunakan Facebook, bukan yang lain? Tentu karena pengalaman yang dibagikan oleh penggunanya kepada orang – orang disekitarnya.

Apakah sulit menciptakan sebuah tren?

Relatif mudah, tergantung seberapa besar otoritas anda dan seberapa populer anda dikenal. Maksudnya, tren lebih mudah diterima oleh target pasar jika yang menyebarkannya adalah orang terkenal dan setiap yang dilakukannya direspon orang banyak.

Kemudahan Ketiga

Apa keuntungan yang diharapkan dari aktivitas pemasaran?

Jawabannya adalah efisiensi dan efektivitas operasional pemasaran.

Efisiensi dan efektivitas dihasilkan dari viral marketing. Ketika konsumen selaku pengguna produk turut terlibat dalam penyampaian pesan pemasaran, maka biaya operasional pemasaran menjadi ekonomis dan media pemasaran yang digunakan lebih sederhana agar dapat diduplikasi.

Keuntungan ini sangat berpengaruh signifikan dalam strategi pemasaran sebuah produk. Buat anda yang memiliki kendala operasional pemasaran, memilih efisien dan efektif adalah strategi pemasaran yang bijak dan tepat.

Apakah viral marketing betul – betul pilihan yang tepat?

Sejauh yang saya amati, tidak ada perusahaan yang gagal dalam memasarkan produk bisnisnya dengan viral marketing. Kalaupun tidak berkorelasi positif dengan peningkatan omzet, produk menjadi populer dimata konsumen. Tinggal dievaluasi dan diperbaiki penyebab tidak meningkatnya omzet.

Jadi, apakah viral marketing cocok untuk semua jenis produk?

Sepertinya tidak semua jenis produk, terutama untuk produk yang memiliki fisik besar dan bukan untuk kebutuhan end user. Bagaimana dengan produk premium yang mahal dan produk digital yang memiliki segmen pasar khusus?

Kembali pada kreativitas tim pemasaran produk tersebut untuk menjadikannya viral. Jika anda seorang affiliate atau reseller, maka tugas menjadikan produk yang anda jual viral itu tidak bisa dilakukan sendirian. Anda membutuhkan tim yang dapat mendukung aktivitas pemasaran anda.

Itulah tiga poin kemudahan viral marketing yang harus anda ketahui sebelum melangkah kepada strategi viral marketing. Jika anda bisa menemukan banyak kemudahan dari viral marketing, maka itu lebih baik dan akan memudahkan anda dalam menyusun strategi pemasaran tersebut.

Kalau ada penjelasan yang belum dipahami, silahkan diskusikan di kolom komentar.

Terima kasih sudah menyimak

Dan semoga bermanfaat

NB : Silahkan mengunduh e-book Panduan Praktis Viral Marketing untuk mempraktekkannya. GRATIS! Klik tautan (http://bit.ly/2GRbM9y) untuk mengunduh

#IndahnyaBerbagi #ViralMarketing #BerkahRamadhan

0 komentar:

Posting Komentar