Selasa, 19 November 2013

Mindset Blogger Sukses, Pengalaman Blogger Dunia

Apa sebenarnya yang membedakan blogger sukses dengan kebanyakan blogger rata-rata lainnya?"
Jawabannya, saya tahu, tidak mudah. Namun saya pribadi percaya bahwa ada sikap mental dan mindset tertentu yang menyertai kisah-kisah sukses para blogger dunia seperti Darren Rowse, Yaro Starak, Jeremy "Shoemoney" Schoemaker, John Chow dan lain-lain.

Ringkasnya, menjadi blogger sukses bukan terjadi karena kebetulan. Apalagi keajaiban. Kesuksesan seorang blogger merupakan buah sikap mental positif dan mindset sukses yang mereka miliki.

Kabar baiknya, kita bisa mengikuti jejak para blogger sukses tersebut dengan memahami dan menerapkan sikap mental positif dan mindset sukses.

1. Berani Bermimpi Besar

Segala sesuatu dimulai dari impian. Beranilah bermimpi besar. Impian besar akan menggerakkan dan menarik apapun yang Anda butuhkan untuk mencapai sukses. Jangan takut membayangkan bahwa 10 tahun dari sekarang Anda adalah satu diantara blogger-blogger sukses Indonesia.
 
 Saya tahu, banyak blogger yang gamang membayangkan bisa mendapatkan uang jutaan rupiah dari blognya. Tidak sedikit blogger yang selalu menyebut dirinya "newbie" dan takut bermimpi menjadi seorang "master". Sikap mental inferior ini, diakui atau tidak, turut mempengaruhi cara kita berpikir, bereaksi dan bertindak di dunia blogging. Tidak aneh jika kemudian kita hanya mampu menjadi blogger rata-rata, blogger biasa-biasa saja.
2. Cintailah Aktivitas Blogging

Cintalah yang menggerakkan Anda untuk melakukan hal-hal yang menurut orang lain boleh jadi tidak masuk akal: menulis tanpa dibayar, membagi ilmu dan tips berharga secara gratis, membalas komentar dan menjawab pertanyaan pembaca blog tanpa pamrih, dan lain-lain. Tanpa cinta, aktivitas blogging yang Anda lakukan hanya akan bertahan dalam hitungan hari, minggu dan bulan.

Mencintai aktivitas blogging bisa juga berarti memilih topik yang benar-benar Anda sukai untuk blog Anda. Jangan tergoda menulis sesuatu yang tidak Anda cintai. Jika Anda hobi memancing, misalnya, menulis tentang pengalaman, tips dan trik memancing tentu lebih mudah ketimbang menulis topik yang lain.
3. Lakukan Yang Terbaik

Buat komitmen untuk melakukan dan memberikan yang terbaik. Ketika menulis artikel, menulislah sebaik mungkin. Berikan manfaat terbesar untuk pembaca blog Anda. Ketika membalas komentar, balaslah dengan itikad memberikan bantuan kepada pembaca blog Anda semaksimal mungkin. Bahkan meskipun Anda belum mendapatkan imbalan finansial apapun dari blog Anda, tetaplah berkomitmen melakukan dan memberikan yang terbaik bagi pembaca blog Anda. Dengan sikap mental untuk selalu melakukan yang terbaik ini, saya yakin suatu saat Anda akan menuai hasilnya.

4. Tentukan Tujuan Yang Jelas
 
Apa tujuan Anda menekuni aktivitas blogging? Uang? Ketenaran? Hobi? Berapa penghasilan yang ingin Anda dapatkan dari blog Anda? Satu juta? Lima juta? Sepuluh juta? Kapan Anda ingin mendapatkannya? Tahun ini? Tahun depan? Apapun tujuan Anda, tulislah tujuan Anda di selembar kertas. Tentukan goal target untuk blog Anda. Tentukan juga tenggat waktu untuk mencapainya. Dengan menuliskan tujuan Anda, sekali lagi apapun itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencapainya.

0 komentar:

Posting Komentar