Pada bagian kedua dari seri artikel 5 Komponen List Building Facebook ini, sahabat pembaca blog Mas Nugroho inc akan mengetahui lima komponen penting list building menggunakan Facebook. Setelah mengetahui komponen-komponen tersebut, sahabat pembaca blog Mas Nugroho inc dapat melanjutkan belajar list building Facebook dengan menonton video Facebook Domination V 3.0 yang telah digunakan sebagai sumber referensi oleh banyak newbie.
Kelima komponen itu adalah nama, usia, gender, lokasi, dan riwayat pendidikan. Dari kelima komponen ini, anda dapat membidik target pasar yang sesuai dengan rencana pemasaran Facebook (Facebook marketing) untuk produk bisnis anda. Dengan kombinasi pembelajaran Facebook Domination V 3.0, anda dapat melakukan list building menggunakan media sosial Facebook dengan mudah.
Komponen #2 Usia
Usia sangat penting untuk mengetahui kecenderungan minat atau kesukaan dari target pasar yang anda bidik untuk pemasaran produk bisnis anda. Salah satu contoh adalah rentang usia 20 sampai dengan 25 tahun adalah usia dewasa produktif yang sedang ingin menonjolkan dirinya. Minat mereka adalah sesuatu yang menantang dan menghibur.
Dari contoh tersebut, anda harus mencari tahu hal-hal apa saja yang menantang dan menghibur untuk dapat memahami minat atau kesukaan mereka. Di timeline Facebook, anda bisa dengan leluasa membagikan informasi dan aplikasi yang disukai oleh rentang usia tersebut, seperti games, kuis berhadiah, konten motivasi, dan masih banyak macam informasi yang bisa anda bagikan.
Caranya pun cukup mudah, anda tinggal mencari informasi menarik atau aplikasi yang sesuai dengan minat atau kesukaan mereka. Jadikan informasi atau aplikasi tersebut sebagai gift (hadiah) dengan mencantumkan tautan sumber informasi atau aplikasi di timeline Facebook anda atau teman jejaring Facebook anda, sehingga mereka dapat melihat informasi atau aplikasi yang anda bagikan.
Bila respon mereka baik, anda bisa melanjutkan interaksi dengan aktivitas online marketing. Disela-sela aktivitas berbagi yang anda lakukan, sisipkan informasi produk bisnis anda atau penawaran khusus untuk teman jejaring Facebook anda, bisa juga dengan kampanye pemasaran produk yang unik. Itulah salah satu contoh penggunaan komponen usia dalam list building.
Itulah uraian singkat komponen list building kedua. Silahkan anda aplikasikan pengetahuan dalam artikel 5 Komponen List Building Facebook ini untuk mencapai tujuan pemasaran Facebook (Facebook marketing) produk bisnis anda. Sangat disarankan untuk mendalami facebook marketing lewat video tutorial facebook domination v 3.0, agar ilmu facebook marketing anda semakin mantap.