Kamis, 13 Oktober 2011

Tips Karir Sukses (Seri 5)

4 Tips Jitu Beraktifitas Kerja Tanpa Stres Beban Pikiran


[Tips Karir] Kini masalah selalu datang dalam kehidupan kita. Hal ini membuat pikiran kita kacau dan terhambat dalam memikir. Hal ini sudah di alami oleh banyak orang di sekitar kita, begitu juga Anda pasti mengalami juga. Untuk itu agar pikiran Anda selalu tenang dalam pekerjaan, hilangkan masalah Anda sejenak. Karena jika Anda stress di dalam kantor, akan membuat Anda merasa tidak nyaman dalam bekerja.

Berikut ini 4 Tips Jitu Kerja Tanpa timbulnya Stress :

1. Bekerja dengan prioritas

Utamakan prioritas kerja Anda karena pekerjaan memang penting untuk diselesaikan secepatnya. Tapi, kita harus bisa membedakan mana yang mendesak untuk diselesaikan, mana yang bisa sedikit ditunda. Bekerjalah dengan prioritas! Dan beban pikiran pun akan jauh berkurang.

2. Meja kerja bersih

Meja kerja yang bersih dari kertas kerja akan sangat membantu anda untuk lebih fokus dan nyaman pada saat apa yang sedang Anda kerjakan. Pekerjaan akan cepat selesai karena pandangan tidak terganggu dengan tumpukan kertas di atas meja.

3. Segera ambil keputusan

Semakin cepat anda mengambil keputusan dalam menghadapi masalah, semakin baik masalah anda akan terselesaikan. Anda tidak perlu lagi berlama-lama stress memikirkan masalah itu. Bukan pekerjaan yang gampang, tapi harus dilakukan secepatnya supaya tidak menganggu hidup Anda.

4. Delegasikan pekerjaan

Tidak ada orang di dunia ini yang bisa melakukan segala pekerjaan tanpa bantuan orang lain. Jadi biasakan untuk mulai membagi beban kerja dengan orang lain di dalam tim kerja anda. Stress berkurang dan anda pun akan punya lebih banyak waktu luang untuk aktivitas lainnya.

Berfikirlah positif pada saat Anda bekerja, karena hal ini dapat membantu Anda dalam kehidupan Anda dimasa yang akan datang.

Orang lain mencari artikel ini dengan keyword :

hilangkan beban pikiran (1)

Artikel 4 Tips Jitu Beraktifitas Kerja Tanpa Stres Beban Pikiran ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

Rabu, 12 Oktober 2011

Tips Sukses Karir (Seri 4)

sifat-sifat yang harus Anda miliki sebagai seorang pemimpin

Mungkin sebagian dari Anda berprofesi sebagai pemimpin, tapi adapun di antara Anda yang ingin menjadi seorang pemimpin, sedemikan sehingga Anda harus memiliki sifat kepimpinan yang mungkin bisa menjadi tauladan bagi bawahan Anda.

Apa arti dari seorang pemimpin?

Seorang pemimpin adalah seseoang yang memiliki influence dan membuat orang lain sukarela mengikut Anda.

Berikut sifat-sifat yang harus Anda miliki sebagai seorang pemimpin :

1. Integritas.
Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan yang dapat dipercaya. Satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikuti Anda adalah bila mereka tak sepenuhnya merasa yakin bahwa Anda akan membawa mereka menuju ke tujuan yang Anda janjikan. Apakah Anda dikenal sebagai seseorang yang mempunyai integritas? Bila ya, maka Anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

2. Optimisme.
Takkan ada orang yang mau mengikuti Anda bila Anda memAndang suram masa depan. Mereka
hanya mau mengikuti seseorang yang bisa melihat masa depan dan memberitahukan pada
mereka. Jadi seorang pemimipin harus berfikir optimis dan berfikir positif. Maka Anda akan layak untuk menjadi seorang pemimpin.

3. Berani mengambil Resiko.
Kapan pun kita mencoba sesuatu yang baru, Keberanian untuk mengambil resiko adalah bagian dari pertumbuhan yang teramat penting. Kebanyak orang menghindari resiko. Karena itu, mereka bukan pemimpin. Para pemimpin yang baik harus berani mengambil resiko dan bertanggung jawab, karena jika dia berani untuk mengambil resiko keuntungan pasti akan di dapatkan. Apakah Anda dikenal sebagai seorang yang berani mengambil resiko? Jika ya, Anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

4. Ulet.
Ulet sangat di perlukan bagi seorang pemimpin, karena banyak orang tidak memiliki sifat ulet, berarti dia tidak masuk ke dalam kategori seorang pemimpin. Jika dia memiliki sifat ulet berarti Anda layak untuk menjadi seorang pemimpin yang tegas dan tangguh.

Bila ingin selalu terpilih untuk menjadi seorang pemimpin dan menjadi pemimpin yang ingin di dengar dan diikiuti banyak orang. Kami akan menjelaskan tips untuk selalu menjadi seorang pemimpin:

• Layak di percaya
• Mempunyai visi lebih baik, panjang, dan luas
• Mempunyai kemampuan mengkomunikasikan

Jadi Lakukan dan praktekanlah keinginan Anda untuk mencapai kesuksesan Anda dengan kemampuan yang Anda miliki. Info lebih lanjut klik di sini

Selasa, 11 Oktober 2011

Tips Sukses Karir (Seri 3)

11 alasan mengapa seseorang menunda pekerjaan yang penting

Sukses setiap orang tanpa disadari berawal dari tindakan nyata menuju apa yang diinginkan dalam hidup. Dan problem mengapa lebih banyak orang yang tidak sukses adalah karena mereka tau apa yang ingin dikerjakan, tapi malas untuk mengerjakan. Atau lebih sering disebut rasa malas atau suka menunda.

Nah mengapa seseorang menunda , jika kita tau hal yang akan dikerjakan tersebut akan berguna sekali bagi kita nantinya ? Tung Desem Waringin akan menjelaskan kepada Anda, ada 11 alasan mengapa seseorang menunda pekerjaan yang penting.

Salah satu hal yang membuat kita menunda yaitu terlalu banyak fokus. Kalau kita fokusnya banyak dan kita kerjakan terlalu banyak, sedemikan sehingga luput semakin banyak pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dengan baik. Nah untuk mengatasi masalah ini ada 2 caranya

Yang pertama teknik yaitu delegasi, Delegasi seoptimal mungkin yang bisa didelegasikan. Dibandingkan Anda berkutat , berjuang dan berusaha untuk mengerjakan sesuatu hingga mati-matian lebih baik hal tersebut didelegasikan kepada orang yang lebih pandai daripada Anda , atau memiliki waktu lebih banyak daripada Anda untuk berjuang mati-matian dalam mengerjakan hal tersebut

Kemudian yang kedua, nah ini yang jarang dibahas oleh produk time management di pasaran saat ini anda harus punya yang namanya stop doing list , sesuatu yang tidak akan dilakukan lagi. Dimana pada umumnya Anda akan berhenti sesuatu karena sudah kecapaian atau sakit , akan lebih baik jika berhenti dari sekarang, apa-apa saja yang kurang mengarah kepada tujuan akhir Anda.

Anda merasakan manfaat dari artikel pertama ini ? ingin mendapatkan 10 materi berikutnya, kunjungi link berikut ini



Selamat membaca yah,

Senin, 10 Oktober 2011

Tips Karir Sukses (Seri 2)

4 Alasan Mengapa Anda Sering Terlambat Tidak OnTime


[Tips Karir] Terlambat atau tidak on time adalah suatu kebiasaan buruk seseorang dalam kegiatan sehari-hari yang penuh dan dikejar dengan waktu. Apakah Anda juga termasuk kategori orang yang sering terlambat, misalnya untuk makan malam bersama keluarga, wawancara kerja, atau bahkan datang ke kantor? Hal seperti ini sebenarnya bisa menghambat kegiatan Anda dan dapat memperburuk keadaan Anda dan sekitar kita bila ini menjadi suatu kebiasaan.

4 alasan, mengapa sesorang sering terlambat :

1. Konsep mengenai waktu

Anak benar-benar belum bisa memperkirakan berapa lama sesuatu aktivitas harus dilakukan atau berapa lama untuk mencapai tempat tertentu. Fungsi semacam ini baru mereka miliki setelah menginjak usia dewasa.

Orang yang selalu terlambat tampaknya menerapkan fungsi cara berpikir anak kecil, bukannya sebagai orang dewasa. Sikap kekanak-kanakan inilah yang memicu reaksi ketika merasa dikendalikan.

2. Tidak peduli orang lain

Mereka merasa memiliki hak untuk mengatur waktu bagi dirinya dan merasa lebih penting daripada waktu untuk orang lain. Mereka tampaknya mendapatkan semacam kesenangan bila membuat orang menunggu. Dengan kata lain, dia tidak ingin dikendalikan orang lain.

3. Ekspresi kemarahan akibat kontrol

Seseorang yang terlambat pergi ke dokter, bukan berarti dia marah dengan dokter. Tapi, bisa jadi hal itu sebagai bentuk protes terhadap orang tuanya yang terlalu mengontrolnya.

Atau misalnya dia selalu terlambat datang ke kantor. Hal ini bisa jadi merupakan ekspresi ketidakpuasannya kepada atasan atau teman kerja.

4. Cara agar tegang dan gelisah

Mengapa seseorang ingin menjadi tegang dan gelisah? Karena kecemasan ini mungkin akan menyembunyikan kecemasan yang lebih parah. Sebagian orang yang memilih untuk berlaku seenaknya dan enggan bersikap tepat waktu daripada harus menghadapi perasaan mereka yang lebih menyakitkan.

Setidaknya, dengan terlambat, mereka mampu mengendalikan kecemasan mereka sendiri daripada merasa tak berdaya menghadapi perasaan kesepian.

Orang lain mencari artikel ini dengan keyword :

kenapa sering terlambat (1)

Artikel 4 Alasan Mengapa Anda Sering Terlambat Tidak OnTime ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

Sabtu, 08 Oktober 2011

Tips Karir Sukses

Bagaimana Menegur Karyawan Yang Lebih Tua?


[Tips Karir] Memang saat ini ada banyak Pemimpin Perusahaan adalah generation Y, yang lahir di era tahun 1980an. Masalah biasanya timbul, jika Sang Pemilik Perusahaan menerima suksesi kepemimpinan dari orang tuanya. Dengan demikian, ia tidak saja mewarisi bisnis orang tuanya saja tetapi juga mewarisi sumber daya manusia di perusahaannya.

Rasa sungkan ini mungkin timbul karena Sang Pemilik merasa usianya lebih muda. Tetapi sebenarnya, rasa sungkan ini lebih disebabkan karena kurangnya pengenalan terhadap karyawannya. Disisi lain, karyawan yang sudah lebih lama berkecimpung di bisnis ini juga belum mengenal si Pemilik Muda sebagaimana mereka mengenal orang tuanya yang dahulu merekrut mereka.

Sebagai tahapan awal, akan sangat membantu jika Sang Pemilik Muda memahami beberapa hal di bawah ini:

1. Mempelajari hal-hal yang mengakibatkan terbentuknya kebiasaan etos kerja yang salah di lingkungan perusahaannya.

  1. Apakah ketiadaan sistem kerja yang profesional merupakan salah satu penyebabnya? Jika ya, dan sekarang sebagai Pemimpin yang baru ia merasakan adanya kebutuhan untuk mengelola bisnisnya secara lebih profesional, maka ia perlu membereskan sistem manajemen perusahaan tersebut.

  2. Jika manajemen yang profesional, tertata dan terstruktur sudah dimiliki, maka masalahnya bukan pada sistem melainkan pada kepemimpinan.

  3. Jika kepemimpinan bukan masalah, maka masalahnya murni adalah etos kerja karyawan yang bersangkutan.


2. Jika masalahnya pada kepemimpinan, Pemimpin baru perlu melakukan introspeksi mengenai beberapa hal berikut:

  1. Pengetahuannya mengenai sistem produksi, produk yang dihasilkan, cara penjualannya dan kunci sukses perusahaan tersebut.

  2. Kemauan untuk belajar dan bekerja keras; karena bagi para pegawai di lapangan, salah satu sikap kepemimpinan yang disegani adalah bila Sang Pemimpin mau bekerja bersusah payah bersama dengan para pegawainya sehingga pegawainya tidak segan bekerja keras untuk mereka.

  3. Mau mengenal karyawan dan keluarganya. Dengan demikian, karyawan merasa diperlakukan dengan hormat dan diperhatikan oleh Pemimpinnya. Hal ini justru menimbulkan loyalitas tinggi dan etos kerja akan segera membaik.

  4. Memegang teguh janji dan komitmen yang pernah diucapkan kepada anak buah. Karena seorang Pemimpin dinilai dari ucapannya. Maka sangat penting bagi Pemimpin Muda ini untuk menunjukkan konsistensi antara ucapan dan tindakannya, serta memilki komitmen tinggi untuk menepatinya.


3. Jika seluruh kepemimpinan di atas sudah dijalankan, namun masih ada karyawan yang bermasalah dalam etos kerjanya, maka Sang Pemimpin Muda ini perlu mengintrospeksi hal-hal berikut:

  1. Hal-hal yang menghalanginya untuk mengucapkan kebenaran – seperti mematuhi peraturan perusahaan, dengan lembut tapi tegas. Seringkali orang sulit mengungkapkan kebenaran dengan karena dirinya sendiri belum sepenuhnya konsisten menjalankan peraturan. Jika belum, maka Seorang Pemimpin harus menunjukkannya terlebih dahulu.

  2. Lakukanlah pencatatan prestasi dan kesalahan karyawan dengan obyektif dan jelas. Hal ini sangat dimungkinkan jika perusahaan memiliki sistem penilaian kinerja karyawan yang baik. Dengan pencatatan ini, Sang Pemimpin mampu menilai dengan obyektif kinerja dari karyawan yang bersangkutan. Catatan tersebut sangat membantu dalam proses diskusi saat ia perlu menegur karyawan.

  3. Jika Sang Pemimpin sudah konsisten dalam menjalankan peraturan dan seluruh aspek kepemimpinan di atas, maka ia hanya perlu melatih kesadarannya bahwa:

    • Seringkali keinginan untuk tidak melukai orang lain dengan tidak menegurnya bukan hanya bisa semakin menjerumuskan orang tersebut di kemudian hari karena tidak ada yang memberi tahu bahwa tindakannya salah.
    • Bukan hanya menjerumuskan orang tersebut, maka mendiamkan karyawan dengan etos kerja yang salah juga membahayakan seluruh budaya perusahaan yang berdampak pada moral dan kinerja karyawan secara keseluruhan.


oleh : Dimas Aditya

Orang lain mencari artikel ini dengan keyword :

cara menegur dengan hormat (1)
Artikel Bagaimana Menegur Karyawan Yang Lebih Tua? ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

Jumat, 07 Oktober 2011

Persembahan Buku Berkualitas dan Gratis! Untuk Facebookers

Persembahan Buku Berkualitas dan Gratis! Untuk Facebookers



Program Satu Buku Untuk Indonesia Pintar persembahan bukubekasku.com, kini bisa dinikmati komunitas facebookers. Tiap dua minggu dalam sebulan, akan ada satu facebooker yang beruntung mendapatkan buku gratis.

Pada periode awal program ini, bukubekasku.com menyiapkan satu judul buku karya Tomi Lebang yang berjudul "Berbekal Seribu Akal, Pemerintahan Dengan Logika" terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Buku ini berisi sari pati pidato wakil presiden Jusuf Kalla, semasa menjabat di Kabinet Indonesia bersatu. Alur tulisan dalam buku ini terbagi dalam delapan bab, diawali dengan topik Seputar Istana Wakil Presiden dan ditutup dengan topik Budaya dan Lingkungan.

Buku ini cocok bagi siapa saja yang tertarik dengan percik pemikiran seorang negarawan sekelas bapak Jusuf Kalla. Dengan memahami alur berpikir seorang negarawan, kita akan memahami dan peduli dengan problematika Indonesia.

Sekarang, detik ini juga anda bisa mendapatkan buku ini gratis plus ongkos kirim ditanggung oleh bukubekasku.com dengan mengkampanyekan program ini kepada facebookers. Caranya?

  1. Akses bukubekasku.com dan follow facebook networkedblog,
  2. Invite 10 jaringan teman anda untuk follow facebook networkedblog bukubekasku.com, melalui status atau message dengan menyertakan tautan ke posting "persembahan buku berkualitas dan gratis! untuk facebookers",
  3. Kirim e-mail berisi nama lengkap, alamat surat menyurat, dan nomor handphone ke alamat bukubekasku@yahoo.com,
  4. Facebookers yang beruntung mendapatkan buku gratis dari bukubekasku.com, akan dipublikasikan sehari setelah publikasi posting "persembahan buku berkualitas dan gratis! untuk facebookers". Kriteria pemenang klik di sini

Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk menambah knowledge dan turut peduli dengan menyebarkan kampanye positif ini. Satu buku untuk Indonesia pintar!

Best Regard,



Nugroho Tejo Mukti
Admin & Owner bukubekasku.com

Minggu, 18 September 2011

Kriteria Pemenang Buku Gratis dari Bukubekasku


Berikut ini kriteria facebooker yang berhak mendapatkan buku gratis dari bukubekasku.com :
  1. Memiliki minimal 100 jaringan teman di facebook. Ini kriteria yang utama, sehingga apabila jaringan temannya kurang dari 100 maka otomatis gugur, walaupun telah melakukan follow facebook networkedblogs bukubekasku.com
  2. Menjadi follower di facebook networkedblog bukubekasku.com pertama kali, setelah publikasi posting "persembahan buku berkualitas dan gratis! untuk facebookers"
  3. Poin ke-2 dibuktikan dengan menuliskan waktu follow di kolom komentar posting "persembahan buku berkualitas dan gratis! untuk facebookers",
  4. Meng-invite minimal 10 jaringan temannya di facebook, dan semuanya menjadi followers di facebook networkedblog bukubekasku.com,
  5. Poin 4 dibuktikan dengan pengecekan oleh admin bukubekasku.com.
Demikian ketentuan ini berlaku untuk program kampanye Satu Buku Untuk Indonesia Pintar persembahan bukubekasku.com

Manajer Program,



Nugroho Tejo Mukti
Admin & Owner bukubekasku.com